Air Fit A'PIEU Cushion SPF50+/PA+++ No 23 Review

By Dyni Mela Zingiberni - 7:27 PM

Assalamulaikum~

Hello, guys!

Jadi hari ini aku bakal nge-review satu jenis product base make-up yang sebenarnya udah dari lamaaaaaa banget aku pengen coba, cushion! Berhubung dia ini tersedia dalam jenis BB cream dan juga yang foundation, dan aku punya dua buah BB cream saat itu (saat aku kepengen banget beli ini product) akhirnya aku nunggu. Selama waktu menunggu inilah aku lihat dan baca-baca review beberapa produk BB cushion yang bagus dan cocok dengan wajah aku yang kombinasi banget ini. Namun sayangnya cushion kebanyakan harganya kurang murah buat aku, hahaha; iya, iya, aku perhitungan banget cuman kalau buat nyoba, Rp. 300.000 itu bukan harga yang worth-it buat aku. Apalagi aku itu cenderung orang yang bakal nyari barang semurah (dengan kualitas yang lumayan-bagus) dibandingin cari produk dengan harga selangit hanya untuk prestige. Like, I'm not that kind of person. Hemat itu adalah hal yang musti aku kontrol banget karena aku yang hobi belanja dan suka banyak hal, budget aku bukan cuman make-up aja. Nah, bagi kalian yang cenderung sama kayak aku, masih belajar make-up dan on budget banget baca review BB Cushion dari A'PIEU ini because it's cheap, looking classy, and quite good!

Mulai dari brand-nya dulu, A'PIEU ini mungkin terdengar agak baru (setidaknya bagi aku) soalnya mereka emang baru launching ini produk kalau gak salah pertengahan tahun 2015 atau mungkin aku baru nemu review-review pas tahun segitu. A'PIEU ini produk asal Korea Selatan dan saudaraan sama MISSHA yang mungkin beberapa kalian udah dari lama tau. A'PIEU ini kalau aku liat produk mereka lebih terjangkau dari MISSHA dan konsep yang mereka ambil adalah 'Lovely Twenties'. Untuk Air Fit Cushion ini sendiri ada tiga pilihan warna yang pisa kalian pilih sesuai dengan tone kulit kalian, aku itu agak bingung sama warna kulit aku. Maksudnya aku bukan putih, bukan kuning langsat, juga bukan sawo matang juga... I'm like somewhere in between banget, sometimes aku masuk ke kuning langsat foundation, beberapa yang light BB cream aku keterangan dan beberapa ada yang cocok. Tapi kalau aku disuruh jabarin tentang fisik aku selalu jawab punya kulit sawo matang because I think I have quite dark skin for Asian girl. Tapi agaknya semenjak pake macam-macam produk brightening cream dkk kulit wajah aku jadi naik tingkat? Entahlah, haha. Intinya aku buat Air Cushion A'PIEU ini pilih shade yang paling gelap yaitu 23.

BB Cushion ini tersedia tiga shade, #13, #21 dan #23. Untuk swatch warna-warnanya bisa dilihat di bawah:
Bisa dilihat sendiri, kalau nomor 13 itu paling terang, 21 itu lebih ke medium (walau masih terang menurut aku) dan 23 paling gelap. Nomor 23 ini lah yang aku pilih dengan alasan it's the darkest color even though I think it's still too bright for my skin tone. Bahan-bahan dari BB Cushion ini 32% Mineral Water, Air Light Powder, Sliding Powder, Airy Cover Powder, Aloe Vera/Tea Tea extract, dan avocado patented ingredient derived peptides.  

Untuk berapa banyak isinya, dia 13,5 gr. Aku sih baru beli jadi gak bisa ngasih tau bakal berapa lama tahannya.
Packaging dari Air Fit Cushion ini aku suka, warnanya itu light blue dengan tulisan Air Fit di tengahnya putih. Top-nya itu semacam metalik silver ringan yang gak mencolok banget dan bottom (tempat buat cushionnya) biru muda. Semua tulisan yang ada di box-nya adalah tulisan Korea yang btw aku bisa baca dan artiin sedikit, keterangan Made In Korea-nya sih pasti dengan bahasa Inggris. Ada kode produksi di bagian samping bawah, tepat di stiker buat kode pabrik produk.

box-nya light blue juga


korea semua, except for the name

MADE IN KOREA

Mungil, gendut, lucu

The bottom of the cushion

Setelah dibuka, btw itu kacanya juga udah dilepas pelindungnya jadi bisa mantul deh
Harga BB Cushion ini sebenarnya cukup murah di Korea sana, yaitu 5.800 won atau sekitar Rp. 67.000 tapi aku beli dengan harga Rp. 113.000 di online shop. Sebenarnya ini sudah cukup murah dibanding dengan online shop lain yang juga aku coba nyari BB cushion ini, kalau kalian punya temen yang jalan-jalan ke Korea bisa nitip aja sekalian biar makin murah. Ini sih cukup affordable buat aku kalau ngebandingin sama produk-produk asal Korea Selatan yang lainnya, aku BB cream lama banget pake Mineral Fit-nya Etude House tapi berhubung itu udah mau kadaluarsa jadi aku ganti dan nyoba yang lain. Cushion Etude House 200rb-an, jadi kalau dibandingin ama Etuse House dari segi harga sih jauh lebih murah A'PIEU ya. Harga aslinya bisa dilihat di web, screenshot-nya:


Masuk ke formulasi-nya, kalau menurut aku BB cushion ini ringan banget seperti namanya dan pengaplikasiannya ke wajah juga sangat mudah. Aku biasanya ambil dengan puff aplikator yang telah diberikan, lalu dap-dap ke wajah sebelum aku ratain juga dengan puff yang sama. Coverage-nya sendiri itu sheer ke medium kalau menurut aku, jatuhnya juga glowing dan dewy, namun gak cakey buat daerah T-zone aku yang berminyak. Karena aku gak terlalu punya banyak bekas jerawat atau bintik-bintik hitam yang mau disamarkan, jadi di aku sih jatuhnya perfect walau agak keputihan but you can always build it up with beige mineral powder dan karena kulit wajah aku emang jauh lebih putih dari kulit tangan aku, maka dia gak terlalu belang banget. Pokoknya ini udah bagus banget buat BB cream yang ringan karena BB cream emang coverage-nya gak ada yang full banget, if you want full coverage then you should try foundation instead.

I really like looking at the air cushion

Puff-nya, good enough to apply the BB cream
Setelah aku apply di tangan, kalian bisa liat sendiri agak belang kalo di tangan aku


Wangi dari BB cushion ini sedikit ada hint florent-nya tapi gak menyengat sama sekali, kok. Dia gak bakal hilang walau kamu udah beraktifitas beberapa jam.
Satu hal yang kurang aku gak suka dari Cushion ini adalah, aku harus re-apply ini BB cushion berkali-kali dalam sehari karena dia gampang banget ilangnya -_-", wajar sih kalau inget harganya. Oh iya, kekurangan lain dari BB Cushion ini adalah dia gampang banget transfer jadi dia lama nge-set di wajah kamu. Tapi kalau udah satu jam pasti udah set, cuman mungkin aku biasanya nunggu dulu ngerjain mata untuk pake powder biar dia gak nyampur. 

Kesimpulannya sih, BB Cushion ini worth trying kalau menurut aku, apalagi kalian yang hobi nyari make-up products yang murah namun pengen nyoba juga produk luar, BB cushion ini pilihan yang tepat. 

What I Like from this product:
1. Packaging-nya manis, seperti produk Korea kebanyakan
2. Ringan dan gampang diblend
3. Praktis dan udah ada SPF50+
4. Murah
5. Wanginya aku sih suka, gak chemical sama sekali dan gak terlalu menyengat

What I don't like from this product:
1. Staying power yang lemah, mengingat harga sih wajar. Tapi bener-bener lemah dibandingin sama BB Cream Pixy yang sekarang adalah fave product aku buat kategori base make-up, ini kalah jauh
2. Lama nge-set di wajah
3. Warna buat yang tone gelap gak ada. Kelemahan produk Korea Selatan pada umumnya

Recommended?
YES! Buat kalian yang pengen nyoba BB cushion asal Korea tapi gak mau buang banyak uang atau buat kalian yang suka natural make-up dengan coverage yang sheer. NO! Buat kalian dengan tone gelap (sawo matang), dan yang suka dengan full coverage.

Repurchase?
Enggak deh, aku pengen nyobain cushion lain karena ini aku ngetes enak apa enggak pake BB cushion. Ternyata sangat menguntungkan dan cukup bagus.

Hasilnya di aku:

Pagi, setelah satu setengah jam

Malem, aku udah apply kalo gak salah jam 3-an

(tengah) itu jam 2, re-touch dikit di hidung doang

masih jam dan hari yang sama, pardon my hijab, berantakan banget soalnya mau outing hari itu

Sekian review dari aku ya, kalau punya pertanyaan, atau sharing pengalaman pake produk ini juga silahkan di-drop aja di kolom komentar. Aku beli ini di Yes24 btw, pelayanan-nya bagus dan aku pilih COD kalau baru nyoba suatu Online Shop tapi ini terpecaya banget dan kalian gak perlu khawatir. 


Love,

ezy

  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. sudah baca, I hope you get many readers :3

    ReplyDelete
  2. I like your make up. do a make up tutorial pleaseeee!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soon, i will :3 thanks for reading ^^ prob gonna make a video as well if it's tutorial hehe

      Delete
  3. kalo kata beauty guru youtube si beautybreakdown, cushion ini malah basah terus engga akan pernah ngeset :)) anyway makeupnya bagus. salam kenal ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, that's why itu transfer kalo kita sentuh pake tissue kayak yang aku bikin di sana hehe. negsetnya juga lamaa bgt but for me, buat ngeset-nya biar cepet pake powder aja. so far, ini bukan fave aku (pakenya cuman sesekali aja soalnya emg transfer bt T.T). aku bakal update lagi setelah udah lama aku pake soalnya ini first impression hehe, thanks for commenting~

      salam kenal juga yaa

      Delete
  4. Hai sist..
    Aku lg bingung nih pilih cushion.. haduh..
    Kalo untuk apieu ini kena air luntur gak? Waktu abis wudhu gitu?

    ReplyDelete
  5. Hai sist..
    Aku lg bingung nih pilih cushion.. haduh..
    Kalo untuk apieu ini kena air luntur gak? Waktu abis wudhu gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku make ini gak luntur kena air sih, cuman kalo misal kulit kamu berminyak banget, terus diusap pake tisu minyaknya, ntar creamnya bakal nempel. Tapi kalo kulitnya normal, kayaknya pas diset pake bedak gak bakal apa2. kalo luntur tinggal touch up aja hehe

      Delete
  6. Buat kulit berminyak ini recomended ga kaa ???
    Thankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini diset pake poweder sebenarnya masih bisa dipake dek, tapi kalau kita make ini aja gak bagus bgt. Kulit aku minyakan dan pernah pake ini aja tanpa dilapisi bedak tabur lagi dan hasilnya dia transfer ke tissue pas minyak udah pada muncul~

      Delete
  7. Buat kulit berminyak ini recomended ga kaa ???
    Thankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalo untuk yang berminyak sangat kurang cocok deh dek, walau ini claimnya for oily skin. Kulit aku berminyak tapi cocok-cocok aja sih make ini, asal diset pake powder ya~

      Delete
  8. Pengen nyoba jg cushion yg 1 ini , thx reviewnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ^^
      Makasih udah baca reviewku~ Nanti sharing ya kalau udah beli gimana pendapatnya ttg cushion ini :)

      Delete
  9. Say produk yang dijual di yes24 itu ready stock ya? Jadi bisa langsung kirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang waktu itu aku beli ready sih say, biasanya kalo dia PO atau kosong ada keterangannya~

      Delete
  10. Bantu jawab yg lagi pada nyari make up ya say. Coba cek ig @junbeautyshop deh disana koleksinya banyak bgt, murah dan trusted pula. Ownernya baik btw hehe.
    Oh iya seneng deh baca reviewnya, Thanks ya udah bagi infonya

    ReplyDelete
  11. Berarti kalo kulit berminyak habis pake chusion ini dikasih bedak tabur gt ya say? Trus nanti kalo keliatan berminyak lagi di kasih bedak tabur lagi? Gitu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say, gitu aku aku setiap foundi/bb cream selalu set pakai bedak tabur cuman untuk BB cushion yang satu itu wajib banget hehe. Soalnya dia bakal lengeket dan nempel kemana2 kalau gak kita set sama sekali ama bedak tabur :)

      Kalau dia keliatan berminyak kayaknya karena ada minyak diwajah, kalau gitu pakai aja blotting paper buat ngilangin minyak di wajah.

      Delete
  12. Kak itu udah nge cover bagian bawah mata belum ya?? Atau kita harus masih pakai concelaer? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dek, soalnya dia coveragenya light to medium. masih butuh pake concealer kalau mata kamu mata panda hehe, soalnya kak juga lumayan keliatan di photo mata pandanya karena gak pake concealer waktu nyobain.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. kak, kulit aku itu kyk MAC NC20. Sekarang ini aku pakai Etude Cotton Fit yang shade light beige (N02). Ga kelihatan terlalu putih sih, tapi terlalu pinkish gitu, padahal kulit aku kan yellowish skin tone. Jadi muka sama tangan kelihatan beda :( Menurut kakak aku lbh cocok a'pieu yang shade 21 atau 23 ya? Tolong bantuannya ya kak, aku masih baru belajar makeup :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dek, maaf late reply yaa. Berarti kamu yellow tone ya? Kayaknya kalau NC20 cocoknya nomomr 23 soalnya yang 23 itu itu udah putih banget.

      Delete