Perjuangan Mendapatkan VISA Korea Selatan

By Dyni - 3:33 PM

*source image: visit Korea

Assalamu'alaykum ^^

A little off topic kali ini karena aku akan membahas bagaimana perjuanganku untuk bisa akhirnya menginjak Korea Selatan, untuk ke sana tentunya tidak butuh paspor saja, we need VISA dan ternyata cara mendapatkannya pun tidak semudah yang aku bayangkan. Yuk simak~

First of all, aku belum pernah ke luar negeri sama sekali karena aku orangnya phobia pesawat terbang dan kurang suka jalan-jalan, I am a little bit of an introvert and enjoy my time alone in my room instead. Tetapi, setelah tiga tahun kerja, aku mulai butuh hiburan berupa travelling, dan kadang pun aku merasa sudah mulai enjoy menjelajah tempat baru. My very first travelling experience adalah Jogja and it was great!

Oke, back to the topic.

Korea Selatan; negeri gingseng dan tempat puluhan botol skincare yang ada di lemari rias aku sekarang. Negara KPOP, negara drama dan banyak lagi hal menarik yang aku suka dari Korea Selatan. South Korea is one of my bucket list in life, so I have to go there. Namun sayangnya, orang Indonesia tidak mendapatkan privilege bebas VISA seperti negara tetangga kita Malaysia yang tampaknya sangat baik hubungan seputar tourist dengan Korea Selatan.

VISA yang dibutuhkan pun sebenarnya ada beberapa macam, namun yang aku pilih adalah domestic VISA yang merupakan kunjungan maksimal 30 hari. Syarat-syarat yang dibutuhkan sebenarnya ada di web mereka, kalian bisa klik link ini untuk melihat syarat-syarat lengkap dari kedutaan. Aku juga akan merangkumnya di post ini kok jika kalian malas ke web mereka, tenang saja. Berikut list-list dari dokumen yang wajib ada:

1. Formulir Aplikasi VISA
Formulir ini dapat kalian unduh di link yang sudah disediakan pula di web. Dokumen ini nantinya kalian print dan isi sendiri dengan menggunakan huruf besar, pastikan tulisan kalian jelas dan data-data yang kalian tulis sama dengan dokumen lainnya; seperti passport, dan juga KTP. Jujur aku sangat butuh bantuan dalam mengisi formulir ini dikarenakan kali pertama dan dokumennya berisikan huruf Hangul, membuat aku parno sendiri. Namun jika kalian lebih hati-hati dan baca petunjuk tanpa skip, maka akan mudah sekali mengisinya. Oh ya, perhatikan juga cara penulisan tanggal Korea Selatan yang ada di penjelasan formulir.

Kalau salah bisa dicoret? Bisa! Aku mencoret sesuatu kok, dan VISA ku disetujui. Kalian juga membutuhkan pas photo khusus VISA ukuran 35mm x 45mm dengan latar belakang putih (atau warna-warna yang masih masuk ke kelompok off-white, seperti biru yang mengarah putih). Pas photo ini ditempel di bagian yang telah disetiakan di formulir.

Bagian kiri terdapat keterangan untuk menempelkan photo


2. Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor
Paspor asli kalian dibutuhkan, fotokopi halaman identitas juga wajib disertakan. Aku juga diminta untuk menyerahkan fotokopi dari halaman VISA di paspor (untuk melihat kalian pernah ke negara mana saja) oleh temanku yang sudah pernah ke Korea. So total di poin ini ada tiga; Paspor Asli, Fotokopi halaman identitas paspor, dan fotokopi halaman VISA (jika belum bernah ke luar negri, maka fotokopi lembar pertama saja, karena masih kosong).

3. Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa (Asli)
Ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa kalian sedang bekerja atau terdaftar menjadi mahasiswa di sebuah universitas. Surat Keterangan Kerja dapat diperoleh dari HRD perusahaan kalian, mereka nantinya akan membuat pernyataan bahwa kalian benar bekerja dengan mereka dan menjamin kalian akan kembali ke Indonesia sesuai dengan rentang waktu yang kalian butuhkan di sana.

Terus kalau masih sekolah bagaimana, Kak? Jika kalian masih sekolah maka kalian butuh surat keterangan pelajar dari Sekolah kalian. Nah, jika kalian wirausaha maka kalian butuh SIUP dan aku kurang paham SIUP itu apa.

4. Dokumen Keuangan
Nah, pada bagian ini lah banyak sekali kabar simpang-siur di sana sini. Travel agent yang mengharuskan angka minimal 50 juta hingga persyaratan sulit lainnya. Jika dilihat dari websitenya, kedutaan Korea mewajibkan kalian untuk menyertakan Rekening Koran, SPT atau Slip Gaji. Jika aku pahami lagi maksud dari kata atau adalah dapat memilih salah satu dari dua syarat, berarti kalian dapat melampirkan SPT bersama Rekening Koran atau Slip gaji bersama Rekening Korean. Berarti Rekening Koran itu wajib.

Sayangnya di website tidak ada dijelaskan minimal saldo yang harus kalian miliki di sana, namun aku menyarankan kalian menyesuaikan dengan lama waktu kunjungan kalian di sana. Asumsikan jika kalian menghabiskan uang $10 selama satu hari dan kalian liburan di Korea selama tujuh hari, maka yang kalian butuhkan adalah $70. Ubahlah nilai itu ke rupiah, maka secara kasarnya, kalian disarankan mempunyai saldo sebanyak itu di rekening kalian.

Dimana mendapatkan rekening koran? Kalian bisa memperolehnya di Bank dengan ada biaya print, tetapi jika kalian adalah nasabah BCA maka kalian dapat mem-print sendiri dari iBanking dan pergi ke BCA terdekat untuk mendapatkan cap BCA.

Untuk SPT dan Slip Gaji itu dapat dari kantor kalian, jika kalian wirausaha maka kalian juga mempunyai SPT tahunan sendiri. Di perusahaanku, SPT tahunan selalu dibagikan awal tahun sehingga tidak usah repot-repot lagi untuk memintanya kembali. Jika hilang, baru deh urus lagi. Slip gaji pun bisa didapatkan dari HRIS web yang diakses pribadi, namun itu tergantung dari perusahaan masing-masing. Aku hanya butuh download dari HRIS dan print, sudah selesai.

Aku pribadi juga menambahkan Surat Referensi Bank yang menguatkan bahwa kita adalah nasabah yang aktif dan bank pun merekomendasikan kita untuk mendapatkan VISA. Namun ini tidak persyaratan wajib jika dilihat dari websitenya. Jika ingin kuat lagi, silahkan tambahkan, biaya mengurus Surat Referensi Bank adalah Rp 50,000 untuk bank BCA.

Jika kalian masih pelajar maka sertakan Slip Gaji dari orang tua kalian. Begitu pun istri yang tidak bekerja, kalian butuh Slip gaji suami kalian.

Contoh pengisian formulir VISA halaman pertama


5. Fotokopi Kartu Keluarga
Ini adalah syarat terakhir dari web (kecuali yang ada sponsor).

Kalian susun semua dokumen sesuai urutan itu dan bisa pergi ke kedutaan untuk mengajukan aplikasi. Karena aku ikut agen tour, aku minta bantuan mereka untuk mengurusnya karena aku malas antri dan pergi ke sana, biaya pembuatannya sebenarnya hanya Rp 550,000 namun aku kena biaya pengurusan dari pihak travelling sebesar Rp 100,000. Jika kalian mau lebih hemat, bisa urus sendiri :D

❌Rumor yang tidak benar!
1. Minimal saldo 50 juta. Salah! Saldo disesuaikan dengan pengeluaran kalian di sana, lama kunjungan juga
2. Wajib menyantumkan itinerary. Tidak! Kalian tidak wajib melampirkan ini.
3. Harus ada booking tiket dan akomodasi. Tidak! Di website dijelaskan tidak membutuhkan poin ini.

Apakah aku menyiapkan dokumen seperti itu?
No. Aku menyiapkan banyak sekali dokumen karena aku adalah first timer ke luar negeri, aku takut kedutaan tidak percaya padaku sehingga aku menyertakan banyak hal lainnya seperti Fotokopi NPWP sebagai bukti penguat dokumen keuanganku dan menjamin bahwa aku benar tidak akan mencari kerja di Korea sana. Aku juga menyertakan fotokopi KTP untuk meyakinkan bahwa data identitasku sama dengan yang ada di passpor.

Kalian tahu tidak kenapa pengajuan VISA Korea Selatan agak sedikit ribet? Usut punya usut tahun 2000-an ada kasus Travel Agency yang meminta pengajuan VISA untuk puluhan orang traveller, namun tidak ada yang balik ke Indonesia dan mereka menjadi pekerja ilegal di sana. Aku tahu ini dari thread Twitter, I'm not sure valid or not, cuman memang dilihat dari persyaratannya Kedutaan Korea Selatan seolah-olah ingin memastikan bahwa tourist Indonesia wajib balik ke Indonesia sesuatu waktu yang ditentukan.

Intinya semua demi keamanan kita juga.

Seminggu kemudian (5 hari kerja), pengajuan VISA-ku disetujui! So happy for this, semoga post ini dapat membantu kalian ya~

Visa Korea Selatan yang sudah disetujui


See you on my next post~
Bye




  • Share:

You Might Also Like

7 comments