SARIAYU Tren Warna Inspirasi Jakarta Eyeshadow Palette JK-01

By Dyni - 5:04 PM



Assalamu'alaykum~

Akhirnya! Aku membeli palette eyeshadow lokal setelah beberapa kali membeli trio shadow yang memang acap kali menjadi konsep dari eyeshadow brand Indonesia. Sebut saja Wardah, Pixy, Inez,  Emina, hingga Makeover pun banyaknya mengeluarkan shadow tiga-tigaan, semacam kalo nge-gank bolehnya bertiga doang :D

Lanjut ke eyeshadow yang akan aku bahas yakni Sariayu Tren Warna Inspirasi Jakarta nomor JK-01; palette ini mempunyai delapan pan shadow dengan pilihan warna inspirasi kota Jakarta. Setahu aku, Sariayu memang gemar mengangkat konsep tren warna inspirasi dari berbagai macam kota di Indonesia. A concept I truly love, karena benar-benar berasa merek Indonesia! Cinta Indonesia sekali. Nah, untuk seri eyeshadow sebenarnya Sariayu mempunyai dua pilihan yaitu si JK-01 yang aku punya ini atau JK-02 dengan pilihan warna yang lebih nge-jreng lagi.

Supaya aku tidak berlama-lama di introduction, yuk masuk saja ke ulasan~

Packaging
Sariayu mengangkat warna soft untuk eyeshadow ini, karton luarnya terdapat nama nota Jakarta dengan ilustrasi kota yang tepat. Warna cream dan putih mendominasi, sangat simple dan juga manis. Palette di dalamnya mempunyai warna yang sama, pan shadow sendiri memanjang ramping dengan delapan shadow kembar berbaris rapi berdampingan. Terdapat kaca yang terpisah dengan plastik mika agar si eyeshadow tidak nempel ke kaca, sebuah brush double ended turut disertakan. 

Untuk ukuran palette aku agak sedikit terkejut; sudah terbiasa dengan packaging besar dari palette asal US, aku kaget melihat betapa mininya si JK-01 ini. Ringan dan sangat kecil; aku benar-benar tidak menyangka akan sekecil ini. Oleh karena itu produk ini jelas sangat pantas dibawa travelling; selain karena kecil dan ringan, keberadaan kaca juga membuat eyeshadow Sariayu ini sangat compact untuk dibawa kemana-mana.

Formulation
Kalau dari segi formula, aku sama sekali tidak membantah betapa baiknya eyeshadow lokal; terlebih lagi jika bicara shadow shimmer yang menurut aku sudah dikuasi sekali oleh brand-brand kita. Sariayu pun tidak mengecewakan sama sekali. These eyeshadows are so buttery and super pigmented. Ada tujung shadow shimmer dan satu shadow dengan hasil matte meski masih terdapat tiny shimmer yang tidak akan begitu terlihat di mata.

Aku benar-benar takjub dengan kualitas dari shimmer shadow Sariayu; warnanya benar-benar hidup dan terpampang nyata. I didn't think I'd use that prhase, tapi eyeshadow ini benar-benar membuat aku menjadi lebay. Warnanya bagus dan sangat cantik ketika dipakai; beberapa eyeshadow yang pernah kucoba terlihat bagus di pan atau sat di-swatch, tetapi di kelopak mata terlihat dead. 

Fallout untuk shimmer shadow-nya pun sangat minim, sementara untuk warna matte-nya masih cukup banyak dan powdery sekali. Aku tahu matte shadow memang kelemahan dari brand dalam negeri but this matte walaupun banyak fallout masih sangat bagus dari segi pigmentasi dan mudah di-blend.

Seluruh shadow ini mudah di-blend dan sangat mudah diaplikasikan dengan brush; aku tidak punya brush bristle, seluruh brush-ku synthetic just fyi. Meski pakai brush, pigmentasinya masih sangat oke! Inilah yang membuat aku benar-benar jatuh cinta dengan formula Sariayu T_T. Oh God, these are so so so good!

Swatches
Aku akan memberikan swatch di tangan, as always, dan akan memberikan hasil makeup menggunakan eyshadow ini di segment performa nanti. Sayangnya eyeshadow lokal masih sangat jarang bahkan mungkin tidak pernah memberikan nama per shadow, jadi untuk kepentingan review dan tutorial makeup memang agak lebih sulit. Tetapi aku akan berusaha semampu-ku untuk menjelaskan warnanya satu persatu.

Mulai dari paling kiri palette.



Warna pertama adalah warna shimmer cokelat muda dengan shimmer yang sangat kecil, begitu subtle. Shadow ini cocok untuk dipakai di kelopak mata bawah, formulasinya sangat baik dan pigmentasinya bagus.

Warna kedua yaitu warna shimmer pink muda dengan shimmer yang lebih besar dan lebih banyak dibandingkan warna pertama tadi. Shadow ini awanya kukira warnanya tidak akan keluar ketika di-swatch, karena biasanya warna merah muda begini sering bermasalah dari segi pigmentasi. But man was I wrong. Pigmen-nya bagus dan saat dipakai di lower lash-line sangat bagus! Pink-nya keluar. Pokoknya cantik sekali!

Selanjutnya adalah eyeshadow shimmer dengan warna oranye kecoklatan; aku sih manggilnya orange brick alias oranye bata. Tidak tahu sih warna itu ada atau tidak :D yang jelas di mata aku warna ini sangat warm dan juga cantik; warna-warna seperti ini sih sudah pasti pigmentasinya juara. Sekali usap, warna keluar begitu mudahnya.

Next si shimmer dengan bias soft rose gold, warnanya sangat cantik. Aku sering pakai di seluruh kelopak bawah untuk makeup daily ala-ala Korea. Tinggal kasih matte coklat di outer corner, jadi deh riasan cantik yang simple namun tidak terdesan berantakan. Aku sering apply dengan jari saja.

Selanjutnya adalah warna matte satu-satunya di palette ini; coklat yang cukup netral. Tidak terlalu warm dan tidak cool tone. Dia pun tidak terlalu gelap sehingga masih bisa disapukan tipis-tipis sebagai warna transisi, tetapi cukup gelap untuk memberikan dimensi di outer corner. Pigmentasi oke walau butuh empat kali usap untuk di-swatch, namun sisi buruknya fallout sangat banyak.

Warna ke-enam adalah shimmer merah bata yang sangat bagus. Warnanya ini sangat cantik. Warna ini juga mudah sekali keluar, sekali usap wuish langsung mentereng.

Dua lagi yaitu warna hijau, satu hijau emerald yang mempunyai pigmentasi bagus. Aku benar-benar jatuh cinta dengan warna ke-tujuh ini. Hijaunya tersa hidup di kelopak mata, warnanya hijau lumut  tua namun tidak ada kesan "mati" sama sekali. Di-blend pun oke. 

Sedangkan untuk warna terakhir adalah warna hijau tua yang hampir hitam; aku pernah mencoba ini di outer corner dan pigmentasinya pun baik.



Performa
I think I've spoken enough ya, betapa aku suka-nya dengan JK-01 ini T_T

Cantik. Warnanya oke-oke, pigmentasi juara, enak di-blend, konsisten di setiap warna. Ya Tuhan, eyeshadow ini benar-benar membuat aku klepek-klepek. Sariayu tidak-main-main dari segi kualitas. Eyeshadow ini harganya Rp 145,000 dan menurutku harganya sangat baik untuk hasil sebagus ini. Berikut adalah contoh pemakaian si palette di mataku.





See?

Bagus sekali kan? Cocok untuk daily dan juga party look! Pokoknya eyeshadow ini okeh banget!

So masuk ke kesimpulan alias final verdict!

What I love
👍 Pigmentasi juara, dari segi kualitas oke punya!
👍 Packaging sangat manis, simple dan juga praktis
👍 Terdapat kaca dan juga brush
👍 Mudah dibawa travelling

What I don't love
👎 Matte shadow fallout-nya cukup banyak

Do I recommend this?
I will, I definitely will! Jika aku ditanya eyeshadow lokal terbaik maka aku akan menjawab eyeshadow ini, aku juga menyarankan si JK-01 karena cukup versatile; bisa dipakai untuk daily makeup dan juga makeup berat seperti ke pesta, dan riasan formal.

Will I repurchase this?
Aku tidak yakin akan bisa menghabiskan eyeshadow palette karena sampai sekarang seluruh eyeshadow palette aku masih belum ada yang habis, so I don't think I'll purchase this again. Tapi jika ada kejadian semacam hilang, atau tertinggal di rumah mama aku, mungkin aku akan beli lagi.

See you on my next post~


  • Share:

You Might Also Like

2 comments