Sheet Mask, penting gak sih? Harus dipakai setiap hari kah?

By Dyni Mela Zingiberni - 1:18 PM



Assalamu'alaykum ^^

Berbeda dengan ulasan-ulasan mengenai produk skincare atau makeup, kali ini aku akan melakukan pembahasan mendalam mengenai Sheet Mask. Nah, sheet mask ini adalah produk skincare asal Korea yang merupakan salah satu tipe dari masker yang disulap menjadi lebih praktis. Masker ini adalah masker lembaran yang terbuat dari bahan tertentu yang direndam dengan cairan penuh nutrisi buat kulit wajah. 

Orang-orang mungkin banyak yang menyukai Sheet Mask karena kepraktisan dan juga efeknya yang sangat instant. Variannya juga banyak dan kita dapat bereksperimen sesuai dengan kebutuhan kulit, harganya yang murah karena berupa satuan pun membuat orang bisa mencoba tanpa memikirkan dompet menipis. 

Namun harganya yang murah itu akan menjadi mahal jika dipakai setiap hari, benar bukan? Sementara di 10 Steps Korean Skincare dikatakan bahwa Sheet Mask adalah langkah kesekian, so wajib gak sih pake sheet mask ini setiap hari? Dan apakah semuanya sama saja? Sheet Mask yang bagus itu seperti apa sih?

Jika kalian memiliki pertanyaan-pertanyaan seperti di atas, maka aku akan jelaskan di sini.

Aku sudah menggunakan sheet mask setahun lebih, I just love how it feels on my skin and it is fun for me! Berbagai jenis sheet mask pun aku coba, yang paling terkenal hingga ke packaging lucu yang membuat aku tertarik membeli despite the lack of reviews. Jadi aku bisa mengatakan bahwa aku cukup berpengalaman dalam dunia per-sheet-mask-an. Yuk simak 👇

Sheet Mask wajib pake setiap hari?
Jawabannya: depends on your preference, karena aku memiliki pemahaman yang wajib dilakukan setiap hari adalah double cleansing dan moisturizer maka aku tidak setiap hari memakai sheet mask. Lah, bukannya Sheet Mask juga dapat menjadi pelembab wajah? Nah, yang aku maksud wajib adalah skincare pelembab - entah itu berupa krim, lotion, essence, toner, atau mungkin sheet mask. Jika kalian mengandalkan sheet mask sebagai moisturizer kalian maka kalian benar harus memakai sheet mask setiap hari.

Tetapi jika konteks-nya adalah sheet mask dalam layering skincare maka aku dapat menjawab: tidak, kalian tidak wajib memakai sheet mask setiap harinya. Skincare harus disesuaikan dengan tipe wajah seseorang, jika kalian merasa sheet mask akan menjadi too much then you have to skip it. Namun jika kalian merasakan dengan sheet mask kalian merasakan efek yang jauh lebih bagus maka lanjutkan, sis! You do you!

Sebenernya Sheet Mask buat apa sih?
Sheet Mask berlimpah dengan essence yang kegunaannya bermacam-macam, namun efek utama dari masker bentuk lembaran ini adalah melembabkan kulit. So it's safe to say that every sheet mask aims to give extra moisture to your skin. Brand-brand Korea memang selalu menargetkan skincare yang dapat melembabkan wajah, yang menjaga kelembaban karena iklim di sana cenderung membuat kulit mereka kering. 

Di pasaran banyak sekali dilihat varian sheet mask yang mencerahkan, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit dan lain sebagainya. Namun selama aku mencoba sheet mask dengan berbagai varian, khasiat yang pasti kalian rasakan setelah memakai sheet mask yang pasti adalah melembabkan wajah. Efek plus lainnya sangat tergantung dengan claim sheet mask itu sendiri.

Sheet Mask bagus gak buat oily skin/jerawat?
Nah kalau melihat pertanyaan orang di Google, banyak banget yang nanya sheet mask yang bagus buat jerawat sampai ke sheet mask itu cocok atau tidak buat kulit yang berminyak. Sheet mask itu cocok untuk kulit jenis apapun karena seluruh jenis kulit butuh moisture tambahan, tidak terkecuali kulit berminyak. Justru dengan terjaganya kelembaban, minyak yang keluar akan semakin sedikit karena sensor kulit tidak merasa kering.

Sedangkan untuk jerawat, aku bisa mengatakan sheet mask bukan lah produk yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Fungsi dari sheet mask adalah melembabkan kulit, but it's safe to use jika kalian punya jerawat. Hanya saja sheet mask tidak akan menghilangkan jerawat. Produk yang tepat untuk acne adalah krim centella, toner AHA/BHA yang sifatnya exfoliating, dan juga masker yang bisa menenangkan wajah.

Sheet Mask dikapai kapan?
Siang atau malam? It really depends on your purpose karena beberapa sheet mask ada yang memberikan efek glowing yang cocok dipakai di pagi hari sebelum menggunakan makeup, dan ada yang bagus untuk nutrisi kulit sebelum tidur. Aku pribadi menggunakannya di malam hari karena siang hari kulit aku banyak kena polusi dan untuk mengembalikan kelembaban dan memberikan nutrisi ekstra, maka akan aku pakai sheet mask sebagai salah satu rangkaian skincare pm versiku.

Beberapa waktu ketika acara penting seperti pesta atau meeting penting, jika ada waktu maka aku akan memakai sheet mask juga di pagi hari. Sheet mask dengan efek glowing akan membuat makeup terlihat lebih oke dan produk-produk menjadi lebih menempel.


Sheet Mask yang bagus seperti apa?
Aku tidak bisa menjamin sebuah sheet mask itu bagus atau tidak karena sekali lagi skincare itu cocok-cocokan. Namun dari pengalamanku selama menggunakan sheet mask, ada dua hal yang harus diperhatikan untuk menentukan kualitas dari skincare asal Korea Selatan ini.

Hal pertama adalah bahan dan tingkat ketebalan dari maskernya; kebanyakan sheet mask dibuat dari kain sejenis cotton yang cukup tipis, namun dewasa ini banyak sekali brand-brand yang mulai membuat terobosan baru dalam jenis bahan masker mereka. Sebut saja hydrogel dan juga cellulose, semakin organic dan semakin berbeda maka biasanya semakin mahal dan juga semakin baik dalam penyerapan essence.

Aku jauh lebih menyukai sheet mask dengan masker yang tipis karena tidak terasa berat di wajah. Beberapa sheet mask di luar sana ada yang memiliki ketebalan yang membuat pemakainya menjadi kurang nyaman. Mostly sheet mask dari Negeri Gingseng ini sudah sangat baik dari segi ketebalan so don't worry.

Essence adalah hal kedua yang juga menjadi penentu oke atau tidaknya sebuah sheet mask, aku pernah mendapatkan sheet mask yang essence-nya sangat lengket, membuat panas, dan juga membuat kulit gatal. Hal-hal tersebut sangat menjengkelkan. Jika kalian merasakan hal seperti itu, maka jangan pernah membeli sheet mask itu lagi :D

I'll list down standar sheet mask yang bagus versiku seperti apa. Check it out~

👌 Mempunyai bahan cotton adalah standar oke sebuah sheet mask
👌 Essence yang tidak membuat reaksi aneh di wajah
👌 Cukup tipis cenderung transparant adalah lebih baik

Alangkah baiknya kalian membaca review juga sebelum membeli sheet mask dan perhatikan tiga poin di atas. Dari pengalamanku, sheet mask yang aman dan selalu aku repurchase adalah: Innisfree Real Mask (packaging lama) dan juga Etude House Air Therapy Mask.

Worth it gak sih?
Worth it atau tidaknya sebuah produk sangat tergantung dengan hasil yang kalian rasakan. Memakai sheet mask setiap hari tentunya menghabiskan uang yang cukup banyak mengingat satu sheet mask harganya 15rb-an, namun jika kaian mereka sheet mask dipakai setiap hari sangat membantu kulit kalian, then go for it. Tapi menurut aku pribadi, sheet mask sangat worth to try karena efeknya yang instant dan juga sensasi pampering your skin yang berbeda.

Sheet mask itu fun, for me at least. Karena bentuknya yang juga praktis, dan kalian dapat mencoba berbagai macam varian. Jadi menurutku sheet mask itu mempunyai konsep yang berbeda dengan skincare pada umumnya. Keunikan ini membuat sheet mask patut sekali dicoba, jika kalian ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam memanjakan dan merawat kulit wajah. Yup, for me they are worth it karena aku pakai hanya tiga/empat kali seminggu saja.

Itu dia untuk sekarang penjabaranku tentang sheet mask, jika kalian masih ada pertanyaan please drop a comment.

See you on my next post~ Bye!



  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. kak engga review sheet mask brand The Oozoo yg kemasannya unik essence nya di dalam suntikan & di dalam kapsul gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku bahkan baru tauu~ ntar kucoba review deh yaa

      Delete
  2. Okay kak, aku udah beli tapi belum coba di pake hehe. Etude House juga ada sheet mask yg ampoulenya di dalam kapsul gitu kak

    ReplyDelete