Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence Review

By Dyni Mela Zingiberni - 6:07 PM



Assalamu'alaykum ^^

Walau sudah jatuh cinta dengan COSRX Snail Mucin Essence, tampaknya aku masih saja penasaran dan ingin mencoba essence yang lagi booming sekali di kalangan pecinta Korean Skincare. Apalagi setelah mencoba toner dari brand yang sama dan sangat suka dengan toner itu, aku makin yakin untuk membeli essence mereka. Embel-embel whitening-nya memang agak mengganggu karena aku sering skeptis dengan produk-produk pemutih, nah karena bahan utamanya adalah Niacinamide yang sangat ampuh untuk mencerahkan wajah... aku menjadi makin mantap untuk mencoba.

Sebelum masuk ke penjelasan secara rinci, aku akan berikan list dari claim Natural Pacific mengenai essence mereka ini. Penjelasan tersebut akan aku ringkas seperti list di bawah:

❤ Membantu mencerahkan wajah
❤ Memberikan moisture ke wajah
❤ Membantu menghilangkan blemishes/noda-noda hitam
❤ Menjaga kelembaban wajah

So yuk lah, simak review essence yang katanya dapat mencerahkan wajah ini 👊

📎Packaging
Botol kaca yang terlihat sleek, bahannya yang transparan membuat kita bisa dengan sangat gamblang melihat isinya. Tutupnya cukup erat dan langsung tersambung dengan pipet yang bertujuan untuk mengambil essence-nya sendiri, adanya pipet ini tentu membuat essence aman dari kontaminasi tangan sehingga membuat essence si NP ini hygienic sekali.

Beberapa claim juga ia tulis di botol beningnya, yaitu:
- Whitening
- Moisture
- Shining
- Brightening
- No-blemish
- Balance

Ia dibungkus oleh kotak karton yang warna dasarnya adalah putih, di kotak ini juga terdapat ingredients dan keterangan mengenai asal produksi. Aku pribadi sangat menyukai packaging si essence ini yang memberikan nuansa putih sehingga terlihat bersih dan juga elegan sekali untuk dilihat. 

Satu hal yang kusuka dengan Natural Pacific adalah mereka selalu mencantumkan tanggal buka produk yang nanti bisa kita isi sendiri dengan tanggal ketika kita pertama kali membuka produknya. Ini sangat berguna untuk memantau sudah berapa lama si produk dibuka karena setiap produk skincare mempunyai waktu pemakaian tertentu, ada enam bulan, tiga bulan, hingga satu tahun. Untuk melihatnya kalian bisa googling masa waktu essence yang disarankan, atau terkadang di kemasan juga terdapat logo tertentu yang menandakan lama waktu pakai produk itu sendiri.

pipet yang membuat pengaplikasian menjadi mudah dan higienis
💊 Formula
Essence ini sangat encer, almost feel like water or is it really water-like consistency? Tidak ada warna juga membuat si essence benar-benar terlihat seperti air yang sedikit lebih kental dari air kebanyakan, tidak se-encer Real Rose Floral Toner mereka. I believe this is the thinner essence I've tried so far, dibandingkan essence-essence yang pernah kucoba si Phyto ini adalah essence dengan tekstur paling cair.

Si bening ini juga tidak mempunyai wangi aneh, tidak ada bau menyengat dan juga tidak lengket di wajah. Produknya cepat menyerap dan tidak membuat wajah terasa panas atau itchy setelah diratakan di kulit wajah. Intinya essence ini benar-benar mempunyai sifat layaknya air :D tidak ada warna, tidak ada bau, mudah menyerap, dan tidak ada efek-efek aneh ketika diaplikasikan.

Nah untuk bahan-bahan dari essence dengan konsistensi cair in dapat dilihat sebagai berikut:

Bambusa Vulgaris Extract, Butylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Morus Alba Bark Extract, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Rosa Canina Fruit Extract, Leontopodium Alpinum Extract, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Arnica Montana Flower Extract, Achillea Millefolium Extract, Gentiana Lutea Root Extract, Artemisia Absinthium Extract, Alcohol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Disodium EDTA, Potassium Hydroxide

Bahan-bahan Natural Pacific memang penuh dengan ekstrak-ekstrak alami yang mereka percaya dapat memperbaiki kulit tapi sungguh sayang, essence ini masih ada alkohol yang mungkin tidak akan cocok untuk kulit yang sensitif terhadap alkohol. 

Tapi selain itu, aku sangat impressed dengan banyaknya bahan-bahan yang mereka gunakan. Mulai dari Niacinamide yang memang sangat terkenal dapat mencerahkan wajah, hingga bahan-bahan alami seperti ekstrak bambu yang aku belum pernah temui sebelumnya di sebuah produk skincare especially essence.

Lucunya air bahkan tidak ditemukan sama sekali di dalam list bahan-bahan :D namun mungkin aku tidak terlalu paham dengan bahasa laboratorium sehingga aku tidak bisa memastikan. Di botolnya terdapat keterangan bahwa essence ini mengandung Niacinamide 5% dan juga Hyalluronic Acid dalam 50 ml total beratnya. I honestly can't see them di ingredients list karena aku memang gagal paham dengan bahasa-bahasa ilmiah mereka :D

tekstur layaknya air
🔎 How to use
Essence dipakai di kulit wajah yang bersih jadi pastikan kalian telah mencuci muka terlebih dahulu sebelum memakai essence sehingga nutrisinya bisa langsung masuk ke kulit. Karena aku menggunakan toner, aku akan memakai ini setelah toner dan sebelum serum. Urutan current skincare routine-ku selama satu minggu ini adalah sebagai berikut:

Pagi ☀☀☀
Facial Wash → Hydrating Toner → Phyto Niacin Whitening Essence → Serum → Lotion → SPF

Malam🌙🌙🌙
Oil Cleanser → Facial Wash → Exfoliating Toner/Scrub/Mask → Hydrating Toner → Phyto Niacin Whitening Essence → Serum → Sleeping Mask/Sheet Mask

💡 Performance
Ini adalah bagian yang paling aku nantikan berhubung aku tengah dilanda masalah bekas jerawat akibat toner Skinfood yang ternyata tidak cocok denganku. Well, aku akan tegaskan kembali bahwa essence ini mudah sekali menyerap ke wajah dan tidak membuat wajahku menjadi lengket gatal dan lain sebagainya. Applying serum setelah ini pun tidak mengganggu sama sekali. 

Untuk claim-claim yang aduhay itu, mari kita buktikan bersama.

Setelah delapan hari menggunakan essence ini and I'm quite happy with the result. This might sounds crazy but I actually see my blemishes are slowly gone. Bekas-bekas jerawat dan juga noda hitam di wajahku benar-benar terlihat samar walau belum hilang secara total. Wajahku juga terlihat lebih bercahaya dan juga sangat lembab sepanjang hari.

Bahkan ketika aku pulang kantor dan mencuci muka malam harinya, wajah aku masih sangat lembab padahal biasanya sehabis mencuci muka kulit wajahku akan terasa sangat kesat dan cenderung kering. I really give this essence a thumbs-up for their claim to keep the moisture of your skin.

All of those I got after 8 days of using, day and night. Aku juga mengombinasikan essence ini bersama serum Green Tea Seed mereka, jadi mungkin efek lembab wajah juga dibantu oleh serum green tea yang memang diklaim untuk menjaga moisture wajah. Other than that. the brightening effect is actually working. Untuk mencerahkan secara keseluruhan mungkin butuh waktu beberapa bulan tapi sampai sekarang aku sih sangat puas.

I've been using this for one month and I'm so happy with the result. Sebulan penuh membuat kulit wajahku benar tampak lebih cerah dan tidak kusam, seolah-olah kulit aku diperbaiki dan kembali ke warna aslinya. Namun untuk memutihkan wajah yang heboh, aku tidak menjamin dalam waktu singkat akan didapatkan; mungkin setelah habis satu botol aku akan memberikan update lagi. But yes, this really does work

What I love
👍 Packaging simple namun solid alias kokoh
👍 Higienis
👍 Membantu menghilangkan bekas jerawat dalam waktu yang singkat; 8 hari
👍 Membantu menjaga kelembaban wajah
👍 Mudah menyerap
👍 Tidak membuat purging
👍 Tidak membuat break-out
👍 Harganya murah banget! Like seriously, sangat terjangkau Rp 154,000 saja!
👍 Noda-noda hitam hilang secara keseluruhan setelah 1 bulan penuh pemakaian siang dan malam

What I don't love
👎 Alcohol
👎 Susah didapat

Do I recommend it?
Yes, yes, yes! Jika kalian kulit berminyak dan tidak sensitif terhadap alkohol mungkin kalian akan menyukai ini sekali, apalagi yang bermasalah dengan noda-noda hitam dan juga bekas jerawat. This essence is for you, girls!

Will I repurchase?
Yes! Percaya atau tidak, essence ini menggeser posisi si Cosrx Snail Mucin Essence! I think this is my new holy grail.

See you on my next post~


Bye 💋

  • Share:

You Might Also Like

48 comments

  1. Kak share produk skincare routinenya apa aja dong, kebetulan jenis kulit aku sama kaya kamu.. makasih tulisannya sangat membantu kaya aku yang lagi ragu buat beli si essence ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyakan ya kulitnya? Soalnya aku juga minyakan. Skincare rutin aku gak ribet dek, pagi ama malam sama bedanya kalo malam ada double cleanser plus pake sleeping mask.

      Pagi: cleanser (pake apa aja yang ada kata2 mengurangi sebum, aku apke garnier light speed), toner (natural pacific real rose), essence (essence di post ini), serum (natural pacific green tea seed serum), cosrx oi free lotion.

      Malam: cleanser, masker (3 kali seminggu aja, aku pake skinfood black sugar), toner, essence, serum, sheet mask atau bisa diganti sama sleeping mask, aku sleeping mask pake dr laneige. sheet mask pake apa aja yg ada.

      Semoga bisa membantu^^

      Delete
  2. Kak belinya dimana ? Kasih tau dong storenya ,,,makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, dek! Aku belinya di Shopee nama tokonya 3ce_jakarta <3 semoga membantu~

      Delete
    2. Iya betul 3ce_jakarta murah dan terjamin ori 😊

      Delete
  3. kalau produk ini dari mulai dibuka maksimalnya digunakan berapa lama kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dek, masa pemakaiannya 6 bulan sampai 1 tahun setau aku ^^

      Delete
  4. Kak aku pake kok malah jerawatan ya.. Apa ga cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jerawatan pas awal pake, wajar dek, namanya purging. Tapikalo jerawatnya gak ilang2 setelah 3 hari, muncul terus, berarti kamu gak cocok sama essence ini

      Delete
  5. Kak aku pake kok malah jerawatan ya.. Apa ga cocok

    ReplyDelete
  6. Kak, aku coba pakai baik-baik aja, tapi di kakak aku kok jadinya malah bruntusan ya :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bruntusan ya :( berarti di kakak kamu gak cocok dek. SOalnya skincare emang cocok2an banget dek sifatnya. Mungkin kakak kamu gak cocok sama salah satu ingredients di dalam essence-nya.

      Delete
  7. Replies
    1. gak ada kandungan babinya sih dek, jadi seharusnya halal tp ini gak ada label halal ya, alll korean skincare gak akan ada label halalnya. Kalau alkohol untuk pemakaian skincare masih halal setau aku :)

      Delete
  8. halo kak, aku juga pakai essence nya cosrx yg snail mucin, kalo misal ditimpa dengan essence ini apa boleh kak? makasih kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dek, asal kamunya gak merasa berat aja wajahnya. Sama kalo ada reaksi aneh di kamu, hentiin.

      Delete
  9. Kalo abis pake ini dipakein make up boleh gak ya?

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. InsyaAllah aman sis, aku udahtanya juga ke nacificnya jika dia cuma pake bahan alami dan nggak ada kandungan hewaninya...

      unextraordinarybeauty.blogspot.com

      Delete
  11. Ka kalo bwt kulit yg berpori,kusan,minyak,sama mata panda bagus g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Essence ini bisa dipake buat masalah kulit apapun. Cuman kalo efeknya, kalo menurut kak sih essence ini bagusnya untuk mencerahkan wajah aja dek, jadi sepertinya untuk pori dan minyak butuh bantuan dari produk skincare lain. Saran kak sih kalo buat minyak, coba pakai toner yang sifatnya melembabkan(tanpa alkohol) dan kalo pori, rajin2 scrub (1 kali seminggu) dan maskeran. Sejauh ini skincare untuk ngilangin pori2 yang kak coba gagal, paling bagus emang maskeran rutin biar agak mengecil.

      Delete
  12. untuk wajah berjerawat boleh gak? ada jerawat kecil2 kek bruntusan tapi gak parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini gak masalah sih sebenernya buat kulit berjerawat, cuman aku gak bisa pastiin bakalan cocok di kamu atau enggak.

      Delete
  13. Kak essence beda ya sma serum? Klo abis pake eslessence ini aku pakein serum garnier sakura white gpp kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari anma beda sayang, tp sebenernya menurut aku fungsinya masih sama, bedanya kalo essence biasanya lebih ringan dibandingkan serum yang cenderung lebih kental dari segi tekstur. Gak papa banget kok hehe

      Delete
  14. Haii.. klo aku gabung dgn pemakaian skincare laneige gmana yaah ? Aku skrg lg pake laneige clear c advanced effector and laneige white plus renew, itu gmana yah menurut kamu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. effector laneige itu kalau gak salah semacam toner kan ya? kalo gitu si pytho niacin diapke habis pake toner. kalo white plus renew itu pelembab kah? kalo iya, itu dipakenya setelah pytho niacin.

      Delete
  15. Replies
    1. Amaaan :) setau aku yang gak aman itu yang ada aha dan bhanya

      Delete
  16. Kok temen ku bilang kalau kulit berminyak malah bikin kusam yah kak? Tolong pencerahannya.. Solnya lagi booming2 nya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di wajah aku sih enggak, mungkin di wajah temenmu ini kurang cocok. Soalnya skincare kan cocok2an banget sifatnya :)

      Delete
  17. Replies
    1. gak ada batasan umur sih setau aku, tapi sebelum kamu pake bisa ditest dulu ke telinga kamu, kalo besoknya gak masalah. pake di wajah gpp.

      Delete
  18. Ka kalo misal sblm pake ini, aq pake toner some by mi bisa gk?

    ReplyDelete
  19. Sis,kenapa ya setelah makek serangkaian produk ini yg phyto whitening,dari toner,essence,cream selama 2bulan kulit diwajahku malah jadi belang padahal bilangnya ini produk buat menyamakan warna kulit dan jg buat jadi lebih cerah,koq gag dpt ke akunya ya ??
    Boleh minta sarannya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu pake sunscreen kan ya sis? Kalo enggak, pake dulu coba, soalnya percuma kalo pake skicare tapi gak pake suncreen bakalan gak ada efek :)

      Delete
  20. Haloo, terima kasih reviewnya sangat membantu kak :) aku udah pake ini kurang lebih 2 minggu. Nah selama pemakaian, gatau kenapa jerawatku malah muncul. Ada beberapa yang besar, yang kecil juga banyak banget. Bahkan jidatku yang jarang jerawatan, sekarang muncul. Itu kenapa ya kak? Apa ada aturan khsusus buat pake si phyto niacin ini? Jerawatnya ilang, muncul lagi, gitu terus kak:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya yang ada larangan penggunaan dengan vitamin C itu, aku pernah baca di beberapa blog lain. Apa mungkin itu? Soalnya aku pake moisturizer cream dari safi yang mengandung vit.C gitu

      Delete
    2. Halo Mauca, maaf kak baru baca. Kebetulan aku memang pake ini gak dibarengin vit C soalnya bakalan numpuk2, karena ini udah fungsinya mencerahkan. Tapi aku juga kurang tau pastinya bisa atau enggak ini dicombine ama vit C, kamu udah coba lepas pake ini? Ilang ga bruntusannya?

      Delete
  21. Kak buat umur 15 tahunan boleh nggak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf balesnya telat dek. Kalo menurut kak, untuk usia 15 tahun jangan main serum dan essence dulu. Mungkin lebih ke pelembab sama cleanser aja ^^

      Delete