Review COSRX Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion (with Birch Sap)

By Dyni Mela Zingiberni - 1:49 PM



Assalamualaykum ^^

Bicara tentang COSRX, bagi pengikut setia Korean Skincare mungkin tidak akan asing lagi namun bagi kalian yang baru masuk ke dunia per-skincare-an ala gadis Korea maka postingan ini akan cocok untuk kalian para pemula.

Merek COSRX terkenal dengan produk-produk skincare mereka yang sangat ampuh namun dengan harga yang terjangkau, sebut saja chemical exfoliator mereka yang sangat terkenal itu, pimple pads yang ampuh untuk wajah berjerawat, hingga essence lendir siput yang memang sudah rahasia umum menjadi bahan dasar di dapur skincare asal Negeri Gingseng ini. Nah, salah satu dari produk mereka adalah lotion yang diformulasikan tanpa minyak namun bersifat sangat melembabkan yaitu, Oil-FREE Ultra-Moisturizing Lotion with Birch Sap.

Aku pribadi masih agak ragu untuk membeli krim pelembab karena wajahku yang sangat berminyak dan takut jika krimnya terlalu kental maka wajahku justru breakout because it's too much, namun pelembab juga sangat penting bagi kita yang mempunyai wajah berminyak. Karena minyak di wajah akan keluar ketika wajah kita merasa dehidrasi alias kekurangan moisture. Lalu aku mulai mencari kesana-sini tentang pelembab yang cocok untuk kulit berminyak, some says that lotion is actually a really thin and light version of cream, makanya aku memutuskan untuk hunting lotion.

Dikarenakan Joan Keem, salah satu youtuber asal Kanada berdarah korea, menjadikan lotion ini menjadi top 10 pelembab versinya dan adiknya yang mempunyai kulit berminyak juga menyukai lotion ini... tanpa pikir panjang aku langsung beli. Satu botol lotion ini aku beli dengan harga Rp 192.000 dan harga di tiap online shop akan berbeda-beda, setelah aku lihat rentangnya sekitar Rp 190.000 hingga Rp 210.000 dan kalian akan mendapatkan lotion sebanyak 100 ml so it's quite a deal.




Deskripsi
Cosrx OIL-FREE Ultra-Moisturizing Lotion (with Birch Sap) merupakan pelembap all-in-one yang dirancang untuk menghidrasi dengan teksturnya yang mudah merata dan menyerap ke dalam kulit sehingga memberikan kelembutan dan silky finish pada kulit. Cosrx OIL-FREE Ultra-Moisturizing memperbaiki warna, tekstur, dan kulit yang rusak, membuat masalah-masalah kulitmu hilang secara ajaib.

How to Use:
Aplikasikan setiap hari pada wajah yang telah dibersihkan dan diberi toner.

Suitable for:
Kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.

Ingredients:
Betula Platyphylla Japonica Juice, Butylene Glycol, Glycerin, Dimethicone, Betaine, Cetearyl Alcohol, 1,2-Hexanediol, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Hydroxyethyl Acrylate/, Sodium Acryloyldimethyl, Taurate Copolymer, Sodium Lactate, Sodium Lactate, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Allantoin, Panthenol, Xanthan Gum, Ethyl Hexanediol, Citrus Medica Limonum (Lemon) Peel Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil

Dari bahan-bahannya sebenarnya produk ini masih mengandung alkohol, jadi untuk kalian yang sensitif dengan alkohol mungkin baiknya jauh-jauh saja dari produk ini namun jika ingin mencoba juga tidak masalah. Penjelasannya juga mengatkan bahwa lotion ini selain melembabkan wajah juga memperbaiki warna dan tekstur kulit yang rusak, berhasil atau tidak nanti akan aku bahas lebih lanjut ya.


Packaging
Kemasannya sangat khas COSRX, tabung yang tinggi dengan botol kokoh seperti kaca bening keruh dimana kalian dapat melihat isi produknya dari luar. Warnanya putih dengan penutup warna hitam. Lotion ini juga disertai dengan pump sehingga kalian dapat mengontrol dengan baik produk yang ingin dipakai, selain itu keberadaan si pump ini juga lebih bersih dibandingkan produk yang berada di dalam jar. 

Si tabungnya ini juga dibungkus oleh kertas karton yang juga berwarna putih, di kartonnya akan terdapat kode produksi, masa pemakaian, bahan-bahan si lotion, namun sayangnya aku telah membuang kartonnya saat pertama aku beli dan di tabungnya sendiri hanya ada penjelasan tentang produknya yang untungnya dalam bahasa Inggris. Banyak sekali brand asal Korea Selatan yang tidak memberikan deskripsi dalam bahasa Inggris sehingga kita susah memahami so I really appreciate Cosrx providing English explanation in their product.

Aku sendiri suka dengan kemasannya karena sangat kokoh dan terkesan elegan dan tidak murahan, memang agak sedikit besar jika diabwa travelling namun botolnya yang sturdy itu tadi membuat kita yakin si lotion tidak akan tumpah kemana-mana jika dimasukkan ke dalam koper/tas travel alian. 

Formula
Lotion ini tidak encer seperti kebanyakan lotion, warnanya pun putih keruh dan teskturnya lebih seperti balm lembut lunak yang akan melting ketika dibaurkan di kulit. Aroma dari lotion in juga sangat lembut dan hampir tidak terasa sama sekali, jika di-endus maka kalian akan mencium aroma-aroma spa yang sangat lembut. 

Saat dibaurkan, lotion ini akan segera berubah seperti semacam minyak namun tidak minyak(?) juga, aku ingin bilang seperti air namun tidak terlalu encer dan terlihat basah. Akan terserap sempurna setelah lima menit dan tidak menyebabkan wajah greasy dan lengket sama sekali. Lotion ini benar-benar ringan dan terasa begitu light di wajah.

Sebelum dibaurkan
Setelah dibarukan

How to use
Jika di deskripsi dikatakan lotion ini dipakai setelah toner, aku memakai lotion ini di step dua terakhir dari skincare pagiku persis sebelum aku memakai SPF dan setelah memakai essence. Jika kalian tidak mengikuti skincare korea, maka kalian dapat menggunakan lotion ini setelah mencuci wajah dan setelah itu bisa langsung tidur atau pakai makeup. Jika bisa dibuat langkah-langkah versiku maka akan seperti ini :

Double cleansing → Exfoliating Toner → Hydrating Toner → Essence → Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion → SPF

Kalian dapat menyesuaikan sendiri dan jika kalian bingung, maka bandingkan tingkat kekentalan lotion ini dengan produk skincare kalian lainnya, lalu pakailah sesuai urutan yang paling cair hingga yang paling kental (thick).

Performa
Ketika dioleskan di wajah, tidak ada sensasi gatal, lengket, dan rasa tidak nyaman sama sekali. Rasanya sangat ringan dan cepat meresap ke kulit walau wajah kalian akan terlihat basah seolah-olah lotionnya kurang meresap. Namun jika didiamkan selama lima menit maka si lotion benar-benar akan meresap dengan hasil yang glowy ala-ala Korea.

Awalnya aku merasa lotion ini tidak berguna, hasilnya biasa saja dan tidak memberikan efek apapun. Namun setelah aku mencoba bereksperimen untuk tidak menggunakan lotion ini sehari, maka aku dapat merasakan wajahku kurang lembab dan tidak sekenyal jika aku pakai si lotion di rangkaian morning routine-ku.

Lotion ini benar-benar memberikan kelembaban yang berbeda dengan produk moisturizing lain yang pernah aku coba; hasilnya lebih lembut, kenyal, dan juga wajah terasa seperti habis mencuci wajah dengan air sepanjang hari. Kelembabannya juga tahan hingga siang hari, I might say, tanpa membuat wajah menjadi berminyak parah.

What I feel after using this
Wajahku benar-benar lembab setelah memakai ini namun sayangnya tidak ada hasil memperbaiki tekstur dan warna kulit sama sekali. I actually expect a lot from this product karena katanya COSRX sudah terkenal dengan produk mereka yang ampuh dan sesuai dengan klaim. Memang benar si lotion mampu membuat wajah menjadi super lembab, super moist tanpa membuat breakout dan seandainya mereka tidak mengklaim bahwa lotion ini mampu meratakan tekstur dan warna wajah... maka lotion ini akan mendapat jempol empat dariku :D #masukjempolkaki

Aku sudah memakai lotion ini dari bulan Juni 2017 dan sampai sekarang sudah terhitung lima bulan aku menggunakannya secara teratur pagi dan tiga kali seminggu untuk malamnya. Lotionnya yang ringan membuat aku berani memakainya berbarengan dengan sheet mask tanpa menimbulkan breakout sama sekali.

Karena aku menggunakannya hanya satu setengah pump dan sudah cukup sekali untuk wajahku, sampai sekarang masih tersisa 2/3 lotion dan selama lima bulan penuh ini aku hanya menghabiskan 1/3 produk yang kupakai setiap hari hampir dua kali. So a little does go a long way, guys jadi aku sangat puas dengan harga lotion ini.

Oke, mari masuk ke kesimpulan~

What do I like from this product!
❤ Nice packaging; kokoh dan tidak 'berisik'
❤ Light lotion, ringan dan tidak berminyak sama sekali
❤ Mudah meresap
❤ Benar-benar menjaga kelembaban hingga siang hari
❤ Membuat wajah terasa sangat kenyal, dingin, dan moist sekali
❤ Tahan lama alias tidak cepat habis
❤ Tidak membuat breakout dan juga tidak purging 

What I don't like from this product!
💔 Tidak ada efek lain selain melembabkan wajah

Do I recommend this?
Bagi kalian yang ingin mencari pelembab yang ringan dan kulit sangat berminyak then YES, I do recommend this namun jika kalian mencari pelembab yang juga multi fungsi; mencerahkan, meratakan warna kulit, anti-aging, dll... sepertinya lotion ini bukan untuk kalian.

Will I repurchase this?
Aku sangaaaat menyukai hasil lembabnya, tapi mungkin aku tidak akan repurchase karena aku masih ingin mencoba krim pelembab yang lebih thick dengan benefit yang lebih banyak.

See you on my next post~

  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. Kak, aku udah lama pengen coba toner AHA BHA dari merek cosrx cuman masih ragu kak soalnya di IG kak dibilang pas pake bha jadi terbakar hitam-hitam gitu.. boleh minta reviewnya gak kak?? Makasiiih :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dek, kak gak punya AHA-nya Cosrx tapi yg BHA black liquid liquid ada nanti kalo udah sebulan atau tiga bulan make kak kasih reviewnya yaa~ sama yang bikin kebakar itu yang BHA benton dek. Itu bakal kak review secepatnya ^^

      Delete
  2. terus untk yang mencerahkan melembabkan dan anti aging itu apa ya kakk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakalan beda2 produk dek. hehe. kalo melembabkan ini bisa, anti aging harus produk khusus lagi.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete